Sunday, December 19, 2004

Maid In Manhattan

NOPE, I’m definitely not going to talk about the Jennifer Lopez, who starred as a maid in that ridiculous Cinderella story.
Saya justru mau sedikit membandingkan [mudah-mudahan beneran sedikit] dengan yang ada di Indonesia...’b-a-b-u’, kalo saya boleh ngomong sedikit kasar.


“Ada apa ya, sama pembantu Jakarta jaman sekarang?”
Hehe, kedengeran belagu ya pertanyaannya, tapi emang itu yang sering lewat di pikiran saya belakangan ini... Tentunya, setelah ngeliat apa yang terjadi sama mereka [pernyataan bodoh...ngamatin b-a-b-u, Co?!? ckckck...].

Kalo diliat sekilas, pembantu saya nggak beda sama yang lainnya. Sama-sama punya perserikatan dengan rekan sekerjanya di kompleks rumah, yang nggak tau gimana caranya, selalu up to date dengan rumah nomer berapa yang baru pindah, yang mau cerai, sampai yang sering berantem...

...
Itu kalo diliat sekilas...
Di luar itu, pembantu saya –sebut aja namanya Atun [mudah-mudahan bukan nama sebenernya] – dan temen-temennya, bisa dibilang ‘luar biasa’.

Selera musik, misalnya...
Pernah waktu kebetulan ganti channel TV ke acara dangdut, nggak disangka-sangka komentarnya “Ih, dangdut...”
[Hayaaaah, emangnya pembantu sekarang nggak suka dangdut lagi yaa? Emang sih, koleksi Siti Nurhaliza-nya paling lengkap sedunia... tapi kalo dia aja nggak doyan dangdut, terus siapa lagi dong yang suka?]

Trus di waktu berikutnya, ada satu iklan album baru di TV, yang kebetulan dia denger sambil lalu, berhubung lagi masak... Begitu iklannya selesai, tiba-tiba kedengeran suara dari dapur...
“oooh, Numata ya, ta’ kirain Sparx... abis suaranya mirip ya?”
[tang-ting-tung-ting-tang-ting-tung...
saya cuman bisa iya-iya aja...]



[eits...skill-nya belom selesai di situ...]
“Kalo si Pingkan sekarang bikin album solo ya? Udah ngelahirin belom sih dia?”
[haduuuuuuh!!!!]

Itu baru satu contoh dari selera musik.
Pernah suatu kali, tiba-tiba dia keluar dari kamarnya sambil bawa-bawa HP-nya [eittsss...yo’i, meskipun séken, dia punya HP... dan sebagai pemakai Mentari, dia selalu lebih dulu tau tentang info-info baru Mentari, dibanding saya...]

“Mas, kalo ngirim SMS ke luar negeri, mesti pake kode negara dulu ya?”
[eh astaga, situ punya sahabat pena di luar negeri??]

Beberapa minggu kemudian, pas dia mau mudik, pertanyaan saya terjawab,
“Mas, kalo ada surat dari Hongkong, titip simpenin dulu ya, soalnya ada duitnya 200 ribu”
[oooh...ternyata pen pal-nya TKW Hongkong toh...]



Kalo Hard Rock FM jadi kiblatnya Lifestyle & Entertainment, mungkin pembantu saya [dan teman-temannya tentunya!] juga jadi kiblat satu trend tersendiri di kompleks...
Saya juga taunya nggak sengaja, waktu suatu pagi ibu saya manggil,
“Co, kamu siang nggak kemana-mana kan? Soalnya si Atun mau ditraktir ulang taun sama temennya di Titoti...”


...diem, soalnya waktu saya kecil tempat itu lumayan happening.
“Titoti?”
“Iya...eh, jangan salah, dia potong rambut aja di Johnny Andrean di Kalibata Mall”


...melotot.
“oiya, trus besok malem dia katanya mau jenguk temennya yang sakit di Kemang”


...gubrak.


However,

keliatannya pembantu-pembantu kompleks saya [termasuk si Atun tentunya] belum se-spektakuler yang ada di kompleks sebelah. Temen saya yang tinggal di sana cerita soal kejadian waktu dia nyuruh pembantunya beli pempek di luar kompleks. 5-10 menit setelah pembantunya pergi, tiba-tiba telepon rumahnya bunyi...
“Mas, pempeknya gak ada nih, jadinya mau ganti apaan? Cepetan Mas, pulsa saya udah tinggal dikit soalnya!!”



Waw... Ade apeeee sama pembantu Jakarta jaman sekarang?!?

1 Comments:

At 1:30 AM, Anonymous Anonymous said...

ya gak ada apa apa mas ama pembantu jaman sekarang,kan mereka juga kerja,jadi kalo selera dah berubah yah bagus lah,mana ada sih yg mo jadi slavery selamanya?makanya didukung aja kegiatan mereka asal enggak lupain pekerjaan,pembantu kan manusia juga.jadi apapun dia lebih baik kita menghargai mereka

 

Post a Comment

<< Home